TUJUAN, VISI DAN MISI MADRASAH
A.
Tujuan Pendidikan Nasional dan Kelembagaan
Pendidikan
Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia
Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan
Yang Maha Esa dan berbudi-pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan,
kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa
tanggung-jawab kemasyarakatan dan kebangsaan." Pada Pasal 15,
Undang-undang yang sama, tertulis, "Pendidikan menengah diselenggarakan
untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta menyiapkan peserta didik
menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan mengadakan hubungan timbal
balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar serta dapat
mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau pendidikan
tinggi."
B.
Visi dan Misi
Madrasah
Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang sebagai
lembaga pendidikan menengah umum perlu mempertimbangkan harapan murid, orang
tua murid, penyerap lulusan dan masyarakat dalam merumuskan visi madrasahnya. Madrasah
Tsanawiyah Assalafiyah Bongkok Kabupaten
Sumedang juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam
ilmu pengetahuan dan teknologi; era informasi dan globalisasi yang sangat
cepat.
Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang ingin
mewujudkan harapan dan respon dalam visi berikut :
Menjadikan Madrasah Tsanawiyah
Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang sebagai sarana untuk mengakomodir
terhadap berbagai pembangunan dan kemajuan yang mendukung berkembangnya
nilai-nilai luhur bangsa.
Adapun Visi Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah sebagai berikut :
VISI Madrasah :
“Terwujudnya Madrasah Tsanawiyah sebagai lembaga pendidikan berkualitas yang yang
dilandasi Imtaq dan Iptek serta berwawasan lingkungan pada tahun 2024”
MISI Madrasah :
1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
serta akhlaqul karimah seluruh warga sekoah dalam kehidupan sehari-hari
2. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik
dan kependidikan yang disiplin, kreatif , profesional, dan berwawasan
lingkungan
3. Meningkatkan kualitas proses
pembelajaran
4. Menghasilkan lulusan yang berkualitas
dan dapat diterima disekolah/madrasah lanjutan serta berprestasi optimal
C.
Tujuan
Madrasah
1. Tujuan Umum MTs Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang;
Memberikan
bekal dasar kepribadian dan akhlak mulia, pengetahuan, ketrampilan, serta
bermanfaat bagi masyarakat dan mudah untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat
yang lebih tinggi.
2. Tujuan Khusus MTs Assalafiyah Bongkok Kabupaten
Sumedang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki :
a.
Keimanan
dan ketaqwaan tinggi
b.
Kecerdasan
intelektual yang memadai
c.
Ketahanan
emosional
d.
Rasa
sosial dan kesetiakawanan yang tinggi
e.
Kompetensi
di bidang akademik dan non-akademik yang prestisius
f.
Menguasai
IPTEK
3. Sasaran
a. Jangka
Pendek
Pada akhir Tahun Pelajaran 2019-2020
Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang Mampu menghasilkan siswa
yang:
●
Beriman
dan bertaqwa
●
Berakhlak
mulia
●
Lulus
100% dengan rata-rata nilai Bahasa Indonesia 7,06. Bahasa Inggris 6,75.
Matematika 6,50 dan IPA 7,00.
b. Jangka Panjang
Pada akhir Tahun Pelajaran 2019-2024
Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang Mampuh menghasilkan lulusan yang:
●
Beriman,
bertaqwa dan berahlakul karimah yang mampu baca tulis Al-Qur’an dengan baik
●
Beretika
dalam pergaulan
●
Meraih
juara pada lomba akademik di tingkat kabupaten, dan Provinsi
●
Meraih
juara di bidang non-akademik di tingkat kabupaten dan provinsi baik olahraga,
seni dan budaya juga ketrampilan.
D.
Cita-Cita
Melewati
periode 1 tahun pertama dengan perkembangan madrasah yang cukup signifikan.
Pada periode tahun kedua, cita-cita pengembangan madrasah paling tidak Menjadi Madrasah Yang Unggul Pada Tingkat
Lokal, Regional, Dan Nasional dengan indikator sebagai berikut :
Memiliki
kurikulum yang telah teruji dan berstandar unggul;
1.
Terciptanya
proses pembelajaran yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, serta memotivasi peserta didik untuk
aktif, kreatif, berprakarsa, dan mandiri sesuai bakat dan minatnya;
2.
Terwujudnya
keunggulan dalam pembinaan akhlak dan hapalan Alquran juz 30 sebagai syarat
pengambilan ijazah;
3.
Bericon
keunggulan dalam bidang bahasa Arab / bahasa Inggris, dan Da’wah
4.
Kemampuan
tenaga pendidik dan kependidikan yang memenuhi standar profesional;
5.
Memiliki
gedung dan ruang belajar tersendiri dengan pasilitas belajar yang lengkap dan
berkualitas serta memenuhi standar keharusan PP No.19 Th. 2005;
6.
Pengelolaan
madrasah yang lebih mandiri, lebih partisipatif, lebih terbuka, akuntabilitas,
serta memiliki jaringan kemitraan (network) yang lebih luas;
7.
Terpeliharanya
pemenuhan biaya operasional secara simultan;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar