Sabtu, 02 November 2019

VISI MISI MADRASAH

TUJUAN, VISI DAN MISI MADRASAH

A.       Tujuan Pendidikan Nasional ­dan Kelembagaan
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi-pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung-jawab kemasyarakatan dan kebangsaan." Pada Pasal 15, Undang-undang yang sama, tertulis, "Pendidikan menengah diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau pendidikan tinggi."
B.        Visi  dan Misi Madrasah
Madrasah Tsanawiyah  Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang sebagai lembaga pendidikan menengah umum perlu mempertimbangkan harapan murid, orang tua murid, penyerap lulusan dan masyarakat dalam merumuskan visi madrasahnya. Madrasah Tsanawiyah  Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi; era informasi dan globalisasi yang sangat cepat.
Madrasah Tsanawiyah  Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang ingin mewujudkan harapan dan respon dalam visi berikut :
Menjadikan Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang sebagai sarana untuk mengakomodir terhadap berbagai pembangunan dan kemajuan yang mendukung berkembangnya nilai-nilai luhur bangsa.
Adapun Visi Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah sebagai berikut :
VISI Madrasah :
“Terwujudnya Madrasah Tsanawiyah sebagai lembaga pendidikan berkualitas yang yang dilandasi Imtaq dan Iptek serta berwawasan lingkungan pada tahun 2024
MISI Madrasah :
1.      Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlaqul karimah seluruh warga sekoah dalam kehidupan sehari-hari
2.      Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan yang disiplin, kreatif , profesional, dan berwawasan lingkungan
3.      Meningkatkan kualitas proses pembelajaran
4.      Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat diterima disekolah/madrasah lanjutan serta berprestasi optimal

C.        Tujuan Madrasah
1.    Tujuan Umum  MTs Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang;
Memberikan bekal dasar kepribadian dan akhlak mulia, pengetahuan, ketrampilan, serta bermanfaat bagi masyarakat dan mudah untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.
2.    Tujuan Khusus MTs Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki :
a.      Keimanan dan ketaqwaan tinggi
b.      Kecerdasan intelektual yang memadai
c.       Ketahanan emosional
d.      Rasa sosial dan kesetiakawanan yang tinggi
e.      Kompetensi di bidang akademik dan non-akademik yang prestisius
f.        Menguasai IPTEK
3.    Sasaran
             a.   Jangka Pendek
                   Pada akhir Tahun Pelajaran 2019-2020 Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah  Bongkok  Kabupaten Sumedang Mampu menghasilkan siswa yang:
       Beriman dan bertaqwa
       Berakhlak mulia
       Lulus 100% dengan rata-rata nilai Bahasa Indonesia 7,06. Bahasa Inggris 6,75. Matematika 6,50 dan IPA 7,00.
b.   Jangka Panjang
Pada akhir Tahun Pelajaran 2019-2024 Madrasah Tsanawiyah  Assalafiyah Bongkok Kabupaten Sumedang Mampuh  menghasilkan lulusan yang:
       Beriman, bertaqwa dan berahlakul karimah yang mampu baca tulis Al-Qur’an dengan baik
       Beretika dalam pergaulan
       Meraih juara pada lomba akademik di tingkat kabupaten, dan Provinsi
       Meraih juara di bidang non-akademik di tingkat kabupaten dan provinsi baik olahraga, seni dan budaya juga ketrampilan.


D.       Cita-Cita
Melewati periode 1 tahun pertama dengan perkembangan madrasah yang cukup signifikan. Pada periode tahun kedua, cita-cita pengembangan madrasah paling tidak Menjadi Madrasah Yang Unggul Pada Tingkat Lokal, Regional, Dan Nasional dengan indikator sebagai berikut :
Memiliki kurikulum yang telah teruji dan berstandar unggul;
1.        Terciptanya proses pembelajaran yang  interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta memotivasi peserta didik untuk aktif, kreatif, berprakarsa, dan mandiri sesuai bakat dan minatnya;
2.        Terwujudnya keunggulan dalam pembinaan akhlak dan hapalan Alquran juz 30 sebagai syarat pengambilan ijazah;
3.        Bericon keunggulan dalam bidang bahasa Arab / bahasa Inggris, dan Da’wah
4.        Kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan yang memenuhi standar profesional;
5.        Memiliki gedung dan ruang belajar tersendiri dengan pasilitas belajar yang lengkap dan berkualitas serta memenuhi standar keharusan PP No.19 Th. 2005;
6.        Pengelolaan madrasah yang lebih mandiri, lebih partisipatif, lebih terbuka, akuntabilitas, serta memiliki jaringan kemitraan (network) yang lebih luas;
7.        Terpeliharanya pemenuhan biaya operasional secara simultan;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar